Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

Role and Position In DoTA 2

Siapkan kopi sebagai temanmu saat membaca artikel ini yang sedikit panjang karena kali ini saya akan membahas tentang Role yang ada dalam DoTA 2, dikarenakan salah satu hal yang sangat penting untuk memahami ketika bermain. Jika tidak memahami role, tidak hanya diri sendiri yang rugi tetapi seluruh tim. Hati - hati dalam memilih role, karena itu salah satu faktor yang mempengaruhi untuk memenangkan sebuah match. Pemain bagus tapi tidak dapat menguasai role akan menjadi beban tim, mengukur tingkat skill player Dota2 dapat dilihat di sini.





Ada Berapa Role Dalam DoTA 2?

Pada umumnya Role dalam DoTA 2 dibagi menjadi 9 jenis, antara lain:
  1. Carry
  2. Disabler
  3. Initiator
  4. Jungler
  5. Support
  6. Durable
  7. Nuker
  8. Pusher
  9. Escape
Saya akan menjelaskan satu per satu sebelum dilanjutkan membahas Role yang lebih mendalam lagi.


1. Carry 

Phantom Assasin, salah satu Carry terfavorit

 

Carry merupakan Role yang dapat mendapatkan kekuatan serangan terkuat selama match berlangsung, tapi role ini juga rentan untuk dikill saat early game, biasanya seorang Carry dilindungi oleh Role Support pada 1 lane dan tidak menutup kemungkinan seluruh tim akan berusaha melindunginya dari gank musuh. role ini hanya bertugas untuk memperoleh gold dan exp advantage dari Early Game. Mangkannya ada istilah "Carried by the team" yang ditujukan pada Role Carry itu sendiri, intinya Carry merupakan Role yang menakutkan bagi musuh saat Mid sampai Late Game. Hati - hati dalam memilih role ini, karena role ini yang memikul tanggung jawab membawakan kemenangan bagi tim serta akan menonjol saat Team Fight dan Late Game.



2. Disabler 

Lion, Disabler sekaligus Nuker

 

Disabler adalah role untuk hero yang mempunyai skill yang berguna untuk melumpuhkan musuh. Skill yang dapat melumpuhkan musuh seperti stun, silence, dan skill yang membuat musuh tidak dapat bergerak bebas seperti ensnare, hex, dll. Biasanya Role Carry akan menghindari skill dari Disabler dengan membuat item yang dapat melepaskan diri dari skill Disable. Role ini cocok untuk gank tim lawan, dan biasanya mengincar Carry dan Mid Laner.



3. Initiator

Enigma, Initiator sekaligus Jungler terseram

 

Role satu ini adalah role yang berperan penting dalam team fight, dikarenakan mempunya skill yang mampu membuat lawan di sekitar lumpuh dan memberikan damage area yang cukup besar. Biasanya role ini mempunyai item wajib seperti Blink Dagger dan Force Staff. Seorang initiator sangat penting bagi tim, karena dapat membalikkan keadaan dalam posisi kalah menjadi menang, tergantung kondisinya. Hati - hati dengan melawan initiator yang mempunyai kemampuan damage area yang sangat besar, karena dapat membuat tim mu Wiped hanya dengan hitungan detik.



4. Jungler

Nature Prophet, Jungler, Ganker, Pusher terlihai

 

"Jungler? Jadi Tarzan dong?" Bukan gan, kalo di sini beda ngga seperti di film - film. Jungler merupakan role yang berkutat di hutan sewaktu Early - Mid game, dikarenakan kemampuannya yang mampu untuk melawan Neutral Creeps dan ada yang dapat membuatnya menjadi sekutu. Seorang Jungler sangat efektif mendapatkan gold di hutan daripada di lane, dan biasanya akan membantu untuk gank tidak menutup kemungkinan menjadi pusher yang handal. Hati - hati terhadap jungler, jika player ini sudah ahli, dia bisa membunuhmu tanpa sepengetahuan player lain.



5. Support

Crystal Maiden, Support dan Nuker terkuat


Inilah role yang akan siap membantu tim dengan sekuat tenaga, dengan segenap modal gold yang dia punya, hanya demi membantu tim untuk memenangkan pertempuran antara 2 kubu. Support biasanya mempunya skill yang berguna bagi tim atau membuat lumpuh musuh, seperti healing, debuff, ataupun aura. Tidak sedikit support yang bertugas untuk menjadi Initiator karena kemampuan skillnya yang mumpuni untuk membunuh hero lawan dengan 1 skill. Tapi biasanya uang yang didapat akan digunakan untuk membeli ward, courier, atau item - item support lainnya. Tidak sedikit yang malas untuk memilih role ini karena harus menjadi "babu" di tim tersebut. Role ini yang akan membantu Carry-mu mendapatkan gold sebanyak mungkin pada Early Game agar dapat menjadi tumbuh kuat.



6. Durable

Undying, Durable yang menjengkelkan

 

Durable, dari namanya kita tahu bahwa role ini adalah Hero yang dapat bertahan lama selama team fight, biasanya disebut dengan tank. Biasanya hero - hero tersebut mempunyai skill untuk mengurangi damage yang masuk sehingga tidak menerima damage secara keseluruhan, atau mempunyai skill yang di mana lawan harus mau tidak mau menyerangnya. Role ini juga harus membuat item yang tahan banting, dan bertugas menjadi gardu terdepan saat team fight yang berani mati untuk melindungi anggota tim lainnya, sebut saja Spartan dalam tim.



7. Nuker

Lina, salah satu Nuker terkuat

 

Role ini mempunyai tugas untuk spam skill ke hero lawan, kenapa? Karena hero - hero ini mempunyai skill yang sangat kuat dibandingkan role lainnya. Bisa jadi langsung dapat membunuh lawan dengan Hit Point 100% menjadi 0%, alias mati. Skill dari role ini ada yang target 1 hero saja dan ada juga yang area, tapi apapun itu, sekali lagi, damage dari skill ini sangat kuat! Hati - hati saat bertemu lawan ini, karena dengan mudah akan membunuh hero mu dengan sangat cepat dengan hitungan 1 detik.



8. Pusher

Meepo, Pusher sekaligus hero tersulit untuk dimainkan

 

Role ini yang biasa dibilang oleh tim lawan "pengecut", kok bisa? Kenapa? Karena role ini tidak fokus saat team fight, mereka fokus untuk menghancurkan segala tower, barrack, sampai ancient sekalipun dengan cepat tanpa mempedulikan team fight. Bayangin, saat tim mu sedang clash dengan tim lain, tapi ada 1 hero lawan yang sudah berhasil menghancurkan seluruh bangunan dan menyisakan ancient, pasti jengkel kan? Biasanya hero ini mempunyai skill yang dapat melukai semua creep musuh di lane tersebut, membantu creep tim kawan menjadi lebih kuat, atau bahkan dapat memberikan kerusakan pada bangunan lawan. Sangat berhati hati lah saat menghadapi lawan "pengecut" seperti ini. Comeback is real.



9. Escape

Anti Mage, Escape sekaligus salah saty Carry favorit

 

Role jenis ini mempunyai kemampuan untuk menghindari kill dari hero lawan dengan sangat cepat. Hero - hero jenis ini biasanya mempunyai skill yang berpindah tempat sangat cepat, lompatan, berlari sangat cepat, maupun dapat menghilangkan diri. Biasanya role ini ditempatkan dalam lane yang sulit dikarenakan mempunyai kemampuan bertahan hidup yang tinggi. Kemampuan ini yang terkadang membuat lawan menjadi jengkel karena tidak dapat membunuh hero - hero tersebut. Item escape pun tak lepas dari hero ini, sehingga semakin membuat musuh jengkel karena persentasi membunuh hero tersebut semakin kecil.


Nah, selanjutnya mari kita bahas lebih mendalam role yang dibutuhkan Tim saat bermain.


Loh Masih Ada Role Lagi?

Bukan ada role lagi, tapi yang akan dibahas ini adalah pembagian peran yang lebih khusus. Biasanya disebut dengan taktik posisi 1-5. Mari langsung kepada pembahasannya mengenai posisi - posisi dalam strategi Dota2.





Dari gambar ini dapat dinilai bahwa posisi pertama ditempatkan oleh Carry, posisi kedua adalah Semi Carry/Midlaner, Posisi ketiga adalah Offlaner, posisi keempat adalah Support, dan posisi kelima adalah Hardsupport.












1.Carry

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, role ini sangat haus akan gold dari early game dan role yang sangat rentan terkena gank dari hero lawan, sehingga role ini biasanya ditemani oleh 1 support atau 2 support sekaligus. Bertugas untuk menjadi ujung tombak saat late game, maka dari itu Role ini harus farming sampai mid game agar mempercepat item buildnya dan menjadi Killer yang handal. Jika kamu memilih posisi ini tetapi belum dapat fokus untuk farming, bersiap saja untuk mendapatkan report dari tim mu karena gagal mengangkat tim mu menjadi pemenang saat late game.



2.Semi Carry/Midlaner

Role ini adalah yang berperan penting dari early hingga mid game, karena dia akan berhadapan 1 lawan 1 dengan hero lawan pada mid lane. Pemegang kunci kemenangan dikarenakan role ini haru aktif bergerak dari early dan mid game untuk gank, dan unggul dalam gold serta exp. Posisi ini sangat krusial, karena jika kalah farming dengan midlaner musuh, maka midlaner musuh itu akan lebih aktif ganking ke posisi 1/Carry. Jadi mikir - mikir dulu jika ingin memilih posisi ini, karena jika kamu fail, biasanya akan dibully oleh tim mu waktu bermain match.



3.Offlaner

Posisi ini diisi oleh hero durable atau yang mempunyai skill escape dan bisa juga yang dapat Spam Skill dari jarak jauh, karena berada pada  Hard Lane. Offlaner akan menghadapi Carry serta Support musuh yang biasanya ada 2, jadi sebisa mungkin ganggu lah posisi  Carry lawan dengan tidak menjadi Feeder pada lane mu serta mendapatkan level secepat mungkin. Biasanya Support lawan akan bertindak aggresif kepada posisi ini agar tidak dapat mengganggu Carry lawan, jadi bawalah item pemulih Hit Point lebih banyak dari posisi yang lain.



4.Support

Posisi keempat yang mempunyai prioritas untuk farming, role ini juga akan berperan sebagai ganker tetapi lebih fokus saat team fight atau ganking. Bisa dibilang "Captain" dalam tim adalah posisi 4, karena role ini yang akan menjadi Team Caller saat team fight atau ganking. Support posisi ini bisa berada pada lane ataupun bisa berkutat di jungle, tergantung hero yang dipilihnya. Pengatur strategi, serta yang memegang peranan penting dalam Team fight.



5.Hard Support

"Terus bedanya Hard Support dengan Support biasa apa mas?" Masih ingat bahasan mengenai yang mem-backup carry pada lane? Ini lah posisi itu, role yang mendapat prioritas ke-6 untuk farming. Kenapa bisa mempunyai prioritas terakhir dalam hal farming? Posisi ini akan memberikan semua last hit pada creep di lane kepada Carry. "Terus cara dapat goldnya gimana dong?" Kamu bisa menarik Neutral Creep di hutan dekat lanemu saat creep mu berjalan menuju lane lawan, dan kamu bisa mendapatkan last hit dari situ. Selama permainan berlangsung, segenap gold posisi ini akan ditumbalkan untuk membeli item - item support yang berguna bagi Vision team. Saat Team Fight, tugas posisi ini yaitu mem-backup tim yang akan mati, serta rela menjadi tumbal untuk Hero lawan demi menyelamatkan anggota tim lainnya. Posisi ini jarang disukai player lain karena dianggap tidak menonjol di tim dan rela menjadi babu bagi tim.



Saya sendiri suka pada posisi ke-4, dan lebih suka berkutat di hutan. Biasanya memakai hero - hero yang dapat menjadi Initiator, tapi hero favorit saya adalah Chen.
Bagaimana denganmu? Apa Role keahlianmu? Apakah Hero favoritmu? Apakah kamu tipe yang haus darah dan ingin menonjol di tim? Atau kamu tipe yang ingin menjadi gardu terdepan demi menjadi Tank dalam tim mu? Apapun jenis role mu, yang penting Good Luck and Have Fun!


Share:

Label

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Gudang ITE | Powered by Blogger