Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

Pengertian dan Cara Menghindari Keylogger




Alat Teknologi
memang sangat cepat lajunya, berbagai alat atau program canggih bermunculan dengan manfaat tersendiri untuk memenuhi kebutuhan.
Bicara soal alat teknologi, kali ini gudangite akan membahas tentang Keylogger, dalam artikel Pengertian dan Tips Menghindari Keylogger. Sudah pernah dengar nama "keylogger"? atau bahkan sudah pernah  memakainya?
Keylogger adalah alat untuk merekam atau memantau tombol keyboard yang ditekan. Keylogger dapat berupa hardware maupun software. Keylogger biasanya akan menyimpan data perekaman penekanan keyboard pada sebuah file catatan (log). Ada juga yang dapat mengirimkan hasil pemantauan ke alamat email tertentu.

Keylogger dengan bentuk software terinstall didalam komputer dan bekerja secara diam-diam, dan keylogger dengan bentuk hardware berukuran kecildan dipasang pada pojok keyboard dan memantau data yang dikirimkan oleh ke keyboard menuju ke CPU, sehingga dapat mengetahui apa yang telah diketik oleh pengguna komputer.
Keylogger memiliki manfaat yang baik namun dapat juga memiliki fungsi yang tidak baik. Manfaat baiknya misalnya digunakan oleh perusahaan untuk memantau kerja karyawannya. Dan fungsi tidak baiknya misalnya digunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk mencuri data atau password akun.
Jika Kita sering menggunakan komputer umum, kita perlu berhati-hati dengan perangkat tersebut, karena siapa tahu komputer yang Kita pakai telah dipasangi Keylogger. Karena jika sudah terjebak, data-data Penting Kita yang yang diketik berada dalam bahaya. Untuk menghindari itu, berikut tips untuk menghindarinya:
  • Menggunakan Trik Copas

Siapkan terlebih dahulu username dan password akun pada notepad dan simpan di flashdisk sebelum menggunakan komputer umum atau warnet. Saat akan login, Kita cukup menyalin username dan password yang telah disiapkan dan tinggal menempelkan di form login,dengan ini maka tulisan tidak bisa dideteksi. Namun, ada juga keylogger yang dilengkapi dengan kemampuan pendeteksi clipboard yang bisa mendeteksinya.
  • Menggunakan Anti Keylogger.

Cara yang satu ini adalah cara termudah untuk diterapkan. Hanya dengan bermodalkan software sangat kecil, Kita bisa menghindari adanya perekaman keyboard. Program akan melindungi data yang diketik saat program dijalankan. Software ini bisa kita download gratis, tinggal search saja di Google

  • Mengelabuhi Keylogger

Kita bisa mengelabuhinya dengan mengetik data secara tak beraturan. Misalnya password yang dimaksud adalah "Secretmypass" maka cara menuliskannya yaitu:
  1. Ketik dulu "my" 
  2. Pindah kursor ke paling awal dan ketik "ret"
  3. Pindah lagi kursor ke paling belakang dan ketik "pass"
  4. Lalu pindah lagi kursor ke paling awal dan ketik "Sec"
Dengan trik ini,keyloggerakan mendeteksinya dengan kata "myretpassSec". Cara ini memang agak ribet namun cukup efektif.
  • Memanfaatkan On-Screen Keyboard

Tools yang satu ini telah disediakan oleh Microsoft Windows yang tampilan dan fungsinya sama seperti keyboard, hanya saja cara menggunakannya dengan menekan menggunakan klik mouse. Dengan tools ini, kata yang kita ketik tidak terdeteksi oleh keylogger yang dipasang di keyboard
  • Periksa Program dan Keyboard

Ada baiknya, sebelum menggunakan komputer umum Kita cek terlebih dahulu program yang terinstall pada komputer. Jika ada program yang Kita rasa adalah program jahat, maka jangan menggunakan komputer itu. Cek juga keyboardnya. Jika ada alat yang terpasang menempel, bisa jadi itu adalah keylogger.
Dengan tips-tips diatas, Kita dapat menghindari jebakan orang usil yang tak bertanggung jawab, dan data kita dapat tetap terlindungi. Itu saja tentang Keylogger, semoga bermanfaat.

Anda Membaca Artikel :
Judul : Pengertian dan Cara Menghindari Keylogger
Label : Teknologi, Tips & Trik

Jangan lupa LIKE halaman blog ini dengan KLIK DISINI atau melalui navigasi
Share:

Label

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Gudang ITE | Powered by Blogger