Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

Mengenal Dota 2

"Main dota mulu, ngga bosen apa?" 
Mungkin ada orang yang mengajukan pertanyaan seperti itu, tapi bagi saya game ini bikin saya addicted dari SMP hingga sekarang ini, game lain banyak yg come and go. Tidak sedikit orang yang tidak bermain game ini, tetapi mereka tahu bahwa Dota 2 itu adalah game, jadi game ini sudah terkenal di kalangan awam.

Apa itu Dota 2?

 
Dota 2 kepanjangan dari Defense of The Ancient adalah game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), "kalo ada dota 2 brarti ada dota 1 dong gan?"
Yup, tepat sekali. Sebenernya Dota sendiri itu adalah custom game yg berada pada Game Warcraft III kemudian dikembangkan oleh Valve Corporation dan jadilah Dota 2 .
Ngga perlu lama'', langsung aja  yuk pembahasan ke Dota 2

Gameplay-nya seperti apa?

Waktu gameplay nanti dibagi menjadi 2 tim yg setiap tim personilnya ada 5 player, tim sebelah kiri disebut "Radiant" dan tim sebelah kanan disebut "Dire", dimana keduanya memiliki markas utama yg disebut "Ancient" dan tim pertama yg berhasil menghancurkan Ancient lawan menjadi pemenang (ga peduli kamu mati berapa kali, ngekill berapa kali, ga jaminan menang gan beneran). Ada 3 jalan atau jalur (disebut ‘lanes’) yg menghubungkan kedua Ancient tersebut dan pasukan (‘creeps’) yg spawn atau muncul secara berkala setiap 30 detik di jalur-jalur tersebut, 
Map v.6.88

Setiap 'lanes' memiliki 3 tower yg akan nyerang hero atau creeps didekatnya. Pada tower terakhir terdapat 2 barracks yaitu melee barracks dan ranged barracks. Jika melee barracks atau ranged barracks hancur, Maka creeps musuh akan bertambah kuat (disebut 'super melee creeps atau super ranged creeps), bertarung dengan ‘creeps’ lawan di sepanjang pertempuran menuju Ancient lawan. Kalo di base semua barrack udah ancur nanti jadi mega creeps, dan itu creep terkuat yg biasanya susah untuk ngepush/pushing/ngedorong, biasanya tim yg barracknya ancur semua langsung mentalnya ngedown.
Selain creeps yg ada di lane, untuk nambah exp buat ningkatin level dan ngumpulin gold, sebagian pemain juga dapat 'farming' ataupun 'creeping' di hutan dengan membunuh natural creeps ataupun ancient creeps. Tapi ya ngga semua hero cocok buat ngutan.

Tipe Hero

Dalam Dota 2 terdapat 3 tipe hero, yaitu Strength (STR), Agility (AGI), dan Intelegence (INT). Hero STR adalah hero yang mempunyai hit point terbesar dari semua tipe hero, biasanya menjadi Role Durable atau Tank. Hero AGI menjadi hero yang mempunyai armor terbesar dari semua tipe hero, dan mempunyai kecepatan serang yang cepat, biasanya hero jenis ini menjadi Role Carry. Yang terakhir yaitu INT, hero jenis ini mempunyai Mana Point terbesar dari semua jenis hero, dan biasanya menjadi Role Support dan Nuker. Penjelasan mengenai Role akan dijelaskan di artikel selanjutnya. Tapi di luar itu semua, setiap player mempunyai metanya sendiri dalam menggunakan masing - masing hero, kita tidak bisa menilai Support ya tetap Support, tidak sedikit Support yang dapat menjadi Carry. Penjelasan tentang Role dan pembagian posisi dapat dilihat di sini.

Monster Terkuat

Roshan

 

Untuk bisa hidup lagi waktu dikill sama siapapun (kesempatan hidup satu kali lagi saat terbunuh) dengan mengunakan Aegis Immortal, player harus  membunuh Roshan, monster hutan yg ada di jalur parit yg merupakan monster terkuat. Roshan dapat hidup lagi dengan jeda waktu tertentu dan menjatuhkan Aegis lagi, dan jika udah dibunuh ke-3 apa ke-4 lupa nanti juga menjatuhkan "cheese" untuk memulihkan Hit Point dan Mana Point langsung full. Dan setiap tim yang membunuh roshan akan mendapatkan sejumlah gold dan exp.

Rune 

Bounty Rune

 

Dijalur parit juga ada rune (seperti double damage, haste, bounty, invisible dan arcane), yang muncul secara berkala setiap 2 menit. Pada early game biasanya setiap tim akan berebutan agar mendapatkan rune tersebut bagi seorang midlaner.
Setiap Player dapat mengendalikan sebuah unit/ karakter yg disebut ‘Hero’ yang dipilih pada awal permainan. Terdapat lebih dari 100 Hero dengan tipe yg berbeda : Strength, Agility dan Intelligence. Setiap Hero memiliki 4 skill (beberapa memiliki lebih) aktif maupun pasif. Dengan mbunuh creeps, menaikkan level, membeli item dan membuat keputusan strategi, player akan berusaha bekerja ama dengan tim unduk dapat menghancurkan Ancient lawan.

Online yang dimaksud se Indonesia apa gimana mas? Bosen kalo main sama orang Indonesia mulu

SEDUNIA, tapi tergantung di mana lokasi kamu bermain juga. Jika di Indonesia, nanti biasanya bisa bermain di server SEA (South East Asia). Tidak menutup kemungkinan bermain pada Server India dan Jepang, jika mempunyai koneksi internet yang kuat pastinya hehe
Jadi di sini kita juga sekaligus bisa belajar bahasa asing dikit demi sedikit, bakal ketemu orang filipina, vietnam, laos, malaysia, dll. Tapi diharapkan tetap bisa menjaga sopan santun terhadap player lain
Mungkin sekian dulu aja gan, ingat untuk dapat membagi waktu dengan kegiatan lainnya karena game hanya untuk sekedar hiburan jikamu kamu tidak ada niatan menghasilkan uang dari game. 
Salam GG!
Share:

Label

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Gudang ITE | Powered by Blogger